Sabtu, 13 Juli 2013

Hal Ihwal Kue Nastar Untuk Perayaan Lebaran

Kue Nastar sudah sangat familiar  muncul pada saat hari raya Lebaran . Akhir-akhir ini pun mulai bermunculan nastar modifikasi yang tidak hanya berisi selai nanas saja. Ada kue nastar isi strawberry, blueberry, dan lain-lain. Namun nastar dengan isi selai nanas tetaplah menjadi kue klasik yang selalu dicari. Tekstur nanas yang sedikit berserat, menjadikan selai nanas begitu spesial untuk isian kue nastar.



Kue Nastar
Agar kue nastar tidak pecah saat dipanggang, jangan mengocok mentega terlalu lama dan gunakan mixer dengan kecepatan rendah. Jangan memasukkan isian selai nanas terlalu banyak, sehingga kulit kue nastar menjadi tipis. Saat memanggang jangan menyusun adonan nastar terlalu rapat, sehingga suhu oven bisa rata menyebar.

Jika anda bermaksud membuat kue nastar untuk sajian saat hari raya, anda bisa membuat resep ini sekitar seminggu sebelum hari H. Selama ditempatkan di wadah kedap udara, nastar bisa tahan hingga 2 bulan. Jika wadah sudah dibuka, kerenyahan nastar bisa bertahan hingga 7 hari. Lebih dari itu biasanya kulit luar mulai melempem.

Resep Membuat Kue Nastar Untuk Lebaran

“Kue Nastar” untuk penganan lebaran memerlukan bahan-bahan sebagai berikut :
Bahan Dasar :

  • ·         400 g tepung terigu protein rendah
  • ·         100 g tepung maizena
  • ·         4 kuning telur
  • ·         1 putih telur
  • ·         1 sdt garam
  • ·         150 g gula bubuk
  • ·         250 g mentega
  • ·         1 sdt vanili bubuk
  • ·         2 kuning telur, untuk olesan
  • ·         Margarin secukupnya, untuk olesan
  • ·         Cengkih, untuk hiasan

Selai :

  • ·         600 g buah nanas, parut
  • ·         150 g gula pasir
  • ·         5 butir cengkih
  • ·         3cm kayu manis

Cara membuat

  1. 1.    Selai: campur semua bahan menjadi satu. Masak sambil diaduk-aduk hingga matang dan kalis. Angkat, biarkan dingin.
  2. 2.    Kocok gula bubuk dan mentega hingga putih dan mengembang
  3. 3.    Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga tercampur rata.
  4. 4.    Masukkan tepung terigu, tepung maizena, vanili bubuk, dan garam, aduk perlahan dengan sendok kayu hingga rata.

Membuat kue nastar bisa jadi sedikit rumit, namun dengan sering berlatih, lama kelamaan anda akan semakin mahir. Selamat mencoba resep kue nastar dari kami, dan jangan lupa berbagi cerita di kolom komentar.


Asal Muasal Kue Nastar di Bumi Indonesia

Bermula dari kebiasaan masyarakat Indonesia yg hobi menyadur bahasa asing kedalam bahasa Indonesia menjadi bahasa yg simple, “nastar” disadur dari bahasa asing “nastaart” yg artinya (pineapple cake). Lucunya lagi kue nastar juga sering disebut sebut oleh masyarakat sunda umumnya dikota Bandung sebagai “ganas jeung tarigu” (nanas dan terigu).

Kue nastar, atau pineapple tarts, atau pineapple nastar roll, ternyata tak hanya populer disajikan saat merayakan Natal atau Lebaran. Kue kering dengan isi nanas ini juga merupakan salah satu hidangan khas Imlek, karena juga memberikan simbol-simbol kemakmuran.

Kue nastar sudah lama menjadi penganan wajib pada Tahun Baru China. Salah satu alasan utamanya adalah karena namanya, dalam dialek Hokkian, ong lai (yang arti harafiahnya adalah pir emas), juga memiliki idiom yang sama dengan “datangnya kemakmuran”, rezeki, dan keberuntungan. Di samping itu, warna emas serta manis dan lembutnya isi nenas juga bisa melambangkan rezeki yang manis, atau melimpah.

Pada awalnya, kue nastar lebih merupakan ritual keluarga, dimana setiap keluarga membuat kuenya sendiri dari resep turun-temurun. Hanya saja, karena alasan kepraktisan, ritual ini perlahan menghilang. Para pengusaha bakery lalu mengambil kesempatan ini untuk menjual kue nastar beberapa bulan sebelum Imlek.

Namun bagaimana pun cita rasa kue nastar olahan sendiri lebih baik daripada buatan industri. Karena kue nastar produksi industri banyak menggunakan bahan pengawet sehingga berpengaruh pada kesehatan manusia. Selain lebih sehat, cita rasa yang mau diciptakan bisa disesuaikan dengan selera.

Kalo anda pikir kue nastar olahan rumah lebih baik daripada buatan pabrikan, bukankah ada baiknya bisa mendapatkan lewat produk yang kami tawarkan di blog ini ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar